Breaking

Selasa, 08 Mei 2018

Anda Mempunyai Keturunan Diabetes? Inilah 4 Langkah untuk Lindungi Diri Anda


Diabetes, juga dikenal dengan istilah kencing manis atau penyakit gula, adalah penyakit yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Dengan kata lain, Anda yang punya keturunan diabetes misalnya dari kakek dan nenek atau orangtua, jadi lebih berisiko mengalami diabetes pula di kemudian hari.

Apakah diabetes merupakan penyakit keturunan?

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa risiko anak terkena diabetes akan meningkat ketika ibunya punya diabetes. Lalu bagaimana kalau kedua orangtua sama-sama mengidap diabetes? Nah, risiko anak tersebut kena diabetes pun semakin tinggi, bahkan hingga 50 persen naiknya.

Belum lagi kalau gaya hidup dalam keluarga Anda sendiri memang memicu timbulnya diabetes. Misalnya kebiasaan makan makanan berlemak, kurang olahraga, atau hobi makan dan minum manis. Maka selain faktor genetik, gaya hidup keluarga pun turut berperan dalam meningkatkan risiko diabetes pada generasi berikutnya.
Langkah mencegah diabetes bila punya keturunan diabetes

Tenang, masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kadar gula darah meskipun Anda punya keturunan diabetes. Kuncinya adalah menjalani gaya hidup sehat. Namun, apa saja langkah yang harus ditempuh agar hidup tetap sehat dan jauh dari risiko diabetes? Berikut panduannya.

1. Perhatikan pola makan Anda

Untuk mengendalikan kadar gula darah Anda, perhatikan baik-baik makanan dan minuman apa saja yang Anda konsumsi setiap hari. Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan sekaligus meningkatkan asupan makanan tertentu. Berikut daftarnya.

Makanan yang harus dihindari

  • Makanan tinggi lemak jenuh seperti susu sapi berlemak, keju, es krim, sosis, nugget, kue, dan gorengan.
  • Makanan dan minuman kemasan seperti kornet, bakso, camilan kemasan, dan minuman bersoda.
  • Makanan tinggi natrium seperti garam, bumbu masak instan, dan mi instan.
  • Makanan dan minuman tinggi karbohidrat sederhana seperti permen, kue kering, minuman ringan, jajanan manis (martabak), dan lain-lain.

Makanan yang baik bagi kesehatan

  • Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, buah, sayur, dan biji-bijian.
  • Makanan tinggi serat seperti kacang merah, kacang polong, buah, dan sayur.
  • Sumber lemak baik seperti daging ikan (tanpa kulit dan tidak digoreng), alpukat, zaitun, dan kacang almond.

2. Pastikan berat badan Anda ideal

Berat badan berlebih atau obesitas adalah salah satu pemicu utama diabetes. Maka, menjaga berat badan agar tetap ideal merupakan langkah penting mencegah diabetes, apalagi jika Anda punya keturunan diabetes.

Untuk mengecek apakah berat badan Anda sekarang sudah ideal atau belum, hitung dengan kalkulator indeks massa tubuh di sini atau di bit.ly/indeksmassatubuh. Bila hasilnya adalah Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Anda sangat berisiko mengalami diabetes. Segera buat rencana untuk menurunkan berat badan.

3. Rutin olahraga

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa kurangnya aktivitas fisik karena Anda malas gerak bisa menyebabkan diabetes. Maka, penting bagi Anda yang punya keturunan diabetes untuk mulai rutin berolahraga. Selain menyehatkan tubuh, olahraga rutin juga bisa membantu Anda menjaga berat badan ideal – yang tentu saja merupakan langkah penting dalam pencegahan diabetes.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, setiap orang berusia 18 hingga 64 tahun wajib berolahraga paling tidak 30 menit sehari, selama 5 hari dalam seminggu. Namun, jika Anda hanya sempat berolahraga di akhir pekan, berolahragalah dengan intensitas berat selama paling tidak 75 menit.

4. Cek gula darah secara berkala

Bila Anda punya keturunan diabetes, tak ada salahnya untuk memantau kadar gula darah Anda secara berkala. Dengan begitu, Anda bisa mendeteksi peluang diabetes sejak dini. Deteksi dini sangat penting untuk tetap menjaga gula darah Anda tetap stabil sekaligus mencegah beragam komplikasi diabetes yang biasanya muncul.

Jangan lupa, awasi juga berbagai gejala awal diabetes. Di antaranya yaitu Anda jadi mudah haus, sering buang air kecil, mulut dan kulit jadi kering, serta gangguan penglihatan (mata buram). [hellosehat]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar