Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Pelesir ke Ende, Jangan Lewatkan 5 Destinasi Wisata ini


Kota Ende merupakan kota terbesar di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur (NTT), salah satu kota yang menyimpan banyak ‘mutiara’ wisata yang cukup indah. Kota ini terletak di pesisir selatan dan berada di bagian timur pulau.

Kekayaan wisata yang disuguhkan di kota ini bisa dibilang cukup lengkap, ada berbagai macam objek wisata yang sangat mempesona, mulai dari objek wisata alam, budaya, sampai objek wisata bersejarah.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Ende, jangan lewatkan 5 destinasi berikut yang sudah cukup dikenal dan sangat menarik.

1. Danau Tiga Warna 


Danau Tiga Warna atau yang akrab di telinga dengan nama Danau Kelimutu dikenal sebagai salah satu danau terindah di dunia. Tak ada tempat lain di dunia yang memiliki danau seunik danau ini. Letak danau ini berada di atas gunung (1.640 m) dengan hamparan yang menakjubkan.

Danau Kelimutu memiliki keunikan pada warna airnya yang selalu berubah-ubah. Perubahan warna itu disebut-sebut diakibatkan oleh reaksi kimiawi antara senyawa serta organisme yang terkandung di dalam air danau.  Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa perubahan warna danau berkaitan dengan peristiwa alam yang akan terjadi. 

Fenomena alam yang terjadi di Danau Kelimutu ini menjadi incaran para pelancong untuk menikmati keindahan yang tersaji di depan mata.  Warna danau yang terlihat mencolok kerap menjadi incaran para wisatawan yang datang untuk dijadikan latar berfoto.

Danau tiga warna ini sering menjadi ikon wisata Indonesia mendampingi Bali, Candi Borobudur, Danau Toba dan Raja Ampat. Untuk sampai ke danau ini, anda memerlukan waktu kurang lebih 2 jam dengan memakai kendaraan  roda empat dari Kota Ende.

2.  Kampung Adat Ranggase


Bagi anda yang ingin melihat kehidupan masyarakat tradisional, anda cukup datang ke Kampung Adat Ranggase. Kampung ini sangat unik. Di tempat ini anda akan melihat berbagai rumah adat ‘tempo dulu’ yang sangat istimewa.

Yang menariknya, di setiap pintu masuk rumah adat tersebut, anda akan menemukan patung payudara. Memang kelihatan aneh. Tetapi tunggu dulu, patung ini tentu pasti bukan sembarangan patung. Ada hal yang mau diungkapkan dari patung ini.

Nah, kalau anda ke sana, untuk mengenal arti patung payudara di rumah adat tersebut, anda cukup datang ke tokoh adatnya. Ia pasti akan bercerita banyak soal makna di balik patung payudara ini. Menarik bukan?

 3. Museum Tenun Ikat


Siapa tak kenal tenun ikat Ende? Sampai ke mancanegara  daerah Ende dikenal lewat berbagai karya tangan masyarakat lokal di dalamnya. Kota ini memiliki banyak busana lokal yang ditenun secara tradisional. Motifnya pun sangat unik dan menandakan kekhasan daerah tersebut.

Kalau anda ingin melihat busana tradisional masyarakat lokal Ende tersebut, anda cukup datang ke Museum Tenun Ikat. Di tempat ini anda akan dihidangkan dengan berbagai jenis tenunan khas orang Ende serta berbagai peralatan tradisional yang membuatnya.

Untuk mendapatkan keterangan yang akan memperkaya wawasan, sebaiknya anda mesti minta pemandu untuk bercerita. Tapi, janga lupa, biar museum ini terawat, anda sebaiknya memberikan sedikit rejeki anda untuk donasi.

4. Pantai Penggajawa (Blue Stone Beach)


Pantai ini terkenal karena bebatuannya yang bulat dan mulus serta berwarna hijau atau biru muda. Itulah sebabnya kenapa pantai ini juga disebut sebagai Blue Stone Beach.

Tidak hanya untuk dinikmati, ternyata, bebatuan di pantai ini juga dimanfaatkan oleh warga lokal untuk dijual keluar Flores.

Batu-batuan ini biasanya dipakai sebagai perhiasan di sekitar perumahan. Banyak rumah mewah atau resor yang memanfaatkan batu-batu ini sebagai hiasan di halamannya.

Tak habiskah batu ini terus dikumpulkan dan dijual? Katanya sih nggak, karena alam selalu menyuplai batu-batu ini dari laut. Pantai ini memang tidak terletak persis di Kota Ende. Tetapi kalau anda ke Ende, anda pasti akan melewati Pantai ini.

5. Musium Pengasingan dan Taman Renungan Bung Karno


Nama Soekarno sudah tidak asing lagi untuk anda yang adalah warga Indonesia. Tokoh pejuang dan proklamator kemerdekaan Indonesia ini ternyata juga memiliki kenangan di Ende.

Pasalnya, Presiden Republik Indonesia I ini pernah diasingkan di tanah ini ketika Indonesia masih berada di bawah kolonialisme Belanda.

Sejarah itu masih memiliki buktinya sampai sekarang dengan adanya ‘Rumah Pengasingan Bung Karno’. Rumah ini sangat sederhana. Halamannya cukup luas.

Di dalam rumah ini, Soekarno pernah tinggal bersama istrinya bernama Inggit Garnasih selama masa pengasingan sebagai tahanan politik Belanda (1934-1938).

Di dalam rumah ini masih ada kamar dan ranjang yang dipakai Bung Karno sendiri. Selain itu, juga dipajang beberapa peralatan rumah tangga seperti setrika, cerek, lampu minyak. Sementara di halaman belakangnya terdapat sebuah sumur yang sampai saat ini masih berfungsi.

Rumah ini berada di Jalan Perwira. Letaknya tidak jauh dari pusat Kota Ende. Kalau anda ingin mengunjunginya, anda cukup menanyakan orang-orang sekitar tentang lokasinya.


Di kota Ende, Soerkarno juga menyimpan banyak kenangan. Salah satunya berhasil diabadikan oleh pemerintah setempat, yakni Taman Renungan Bung Karno.

Di taman ini, anda akan menemukan patung Ir. Soekarno yang masih duduk merenung di atas sebuah bangku panjang dekat kolam dan pohon sukun bercabang lima.
Taman Renungan Bung Karno

Dari cerita, dulu, di bawah pohon inilah Bung Karno sering merenung dan pohon sukun bercabang lima itu menginspirasinya untuk melahirkan konsep awal Pancasila.

Lokasi taman ini tidak jauh dari Rumah Pengasingan Bung Karno. Di sebelah taman ini juga terdapat lapangan yang luas tempat beragam upacara dan kegiatan di Ende digelar. Patung ini sendiri berdiri pertama kali pada 2010 lalu dan kemudian telah diubah.



Ende, kota terbesar di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur yang berada di pesisir selatan ini ternyata menyuguhkan berbagai tempat wisata indah yang terangkum menjadi 5 alasan untuk Anda mengunjungi kota ini. Jika Anda berencana untuk menghabiskan akhir pekan dengan mengunjungi kawasan yang cantik, Ende adalah pilihan tepat. Nah, berikut 5 alasan mengapa Anda harus mengunjungi Ende dan berwisata di ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Alasan Mengapa Wajib Pelesir ke Ende ", https://travel.kompas.com/read/2018/03/13/072500127/5-alasan-mengapa-wajib-pelesir-ke-ende-.

Editor : I Made Asdhiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar