Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Bisa Jadi 10 Kebiasaan Buruk Sehari-hari ini Menjadi Pemicu Timbulnya Jerawat


Masalah jerawat sudah tidak asing lagi terutama dikalangan wanita, karena wanita sangat sensitif dengan masalah yang satu ini. Begitu tumbuh satu saja apalagi di wajah, sudah membuatnya malu untuk ketemu orang apalagi pacar, sehingga membuatnya memaksa untuk mengurung diri di kamar.

Hal yang memungkinkan memicu timbulnya jerawat yaitu perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Bentuk perubahan hormonal lainnya yaitu saat masa menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, dan kondisi stres.

Selain itu, terdapat beberapa makanan penyebab jerawat, dimana itu banyak dikonsumsi orang-orang, sehingga memicu resiko tinggi timbulnya jerawat.

Banyak wanita rela melakukan perawatan kulit wajah dengan sangat giat. Mulai dari menggunakan produk perawatan yang mahal dan juga perawatan rutin lainnya.

Namun, hal itu belum cukup untuk menghasilkan kulit wajah yang sehat tanpa jerawat. Bahkan beberapa orang masih mengalami masalah jerawat. Dikutip dari cnnindonesia yang melansir dari laman Boldsky, bisa jadi beberapa kebiasaan yang sering dilakukan dan tanpa disadari ini dapat menyebabkan jerawat.

1. Menggosok muka terlalu kencang

Salah satu perawatan yang sering dilakukan para wanita adalah 'scrubbing'. Menggosok muka terlalu kencang dengan menggunakan scrub dapat menimbulkan jerawat. Lapisan kulit yang seharusnya melindung kulit akan mengelupas. Sebaiknya menggosok kulit wajah secara perlahan agar tidak menyebabkan iritasi.

2. Tidak mengganti sarung bantal

Mungkit terlihat tak ada hubungannya, namun diketahui sarung bantal menyebabkan jerawat. Sarung bantal sering terkena kotoran yang akan menyebabkan kulit berjerawat. Sebaiknya, ganti secara rutin sarung bantal agar tidak terlalu banyak kotoran yang menempel diwajah.
Lihat juga: 5 Bahan Alami Terbaik untuk Produk Perawatan Kulit

3. Tidak membersihkan kuas untuk rias wajah

Perempuan sering menggunakan kuas atau brush untuk merias wajah. Namun, kuas yang tidak dibersihkan akan menjadi sarang bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Sebaiknya bersihkan kuas secara rutin, terlebih jika sering digunakan.

4. Tidak membersihkan handphone

Saat ini telepon genggam menjadi barang yang sering digunakan. Seringnya menggunakan handphone dapat menyebabkan wajah kotor dan banyak bakteri. Bakteri akan menyebabkan infeksi dan akan menimbulkan jerawat. Untuk mencegah munculnya jerawat sebaiknya bersihkan handphone secara rutin dengan menggunakan disinfektan.

5. Ketombe

Orang yang memiliki masalah pada rambut seperti ketombe cenderung memiliki masalah jerawat pada wajah.

6. Sering menyentuh wajah

Tangan kita sering dikatakan sebagai sarang kuman, apalagi jika tidak menjaga kebersihan tangan. Seringnya menyentuh wajah dengan tangan yang kotor bisa menimbulkan kuman yang akan membuat wajah berjerawat. Jadi hentikan kebiasan menyentuh wajah untuk memastikan kulit tidak terkena bakteri.

7. Menggunakan make-up kedaluarsa

Produk tata rias wajah memiliki tanggal kedaluarsa. Sebaiknya sebelum menggunakan produk tata rias ini perhatikan tanggal kedaluarsanya agar tidak menimbulkan jerawat. Untuk memastikannya sebaiknya buang produk tata rias yang sudah kedaluarsa.

8. Tidak mencuci muka setelah berolahraga

Olahraga secara teratur diketahui memiliki manfaat bagi kesehaatan kulit. Namun, membiarkan keringat terlalu lama pada wajah setelah berolahraga dapat menyebabkan jerawat. Hal itu disebabkan karena keringat akan menyumbat pori-pori kulit. Sebaiknya bersihkan wajah setelah berolahraga, setelah itu bisa menggunakan pelembab yang ringan di kulit.

9. Stres

Stres atau banyaknya tekanan akan menyebabkan masalah pada kulit dan juga menyebabkan jerawat. Stres dapat menimbulkan reaksi kimiawi di tubuh yang membuat kulit menjadi rentan dan sangat rawan mengalami masalah kulit.

10. Makanan pedas

Makanan pedas telah terbukti berbahaya bagi kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan pedas dapat memengaruhi keseimbangan pH kulit dan akan menyebabkan jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar