Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

4 Cara Cuci Tangan Berikut Bukan Membuat Tangan Bersih, Justru Malah Kuman Berkumpul


Banyak orang bersikap sepele terhadap cara mencuci tangan. Masih banyak pula mencuci tangan belum menjadi salah satu kebiasaan hidup sehat seseorang. Alih-alih menjadikan badan semakin sehat, mencuci tangan dengan cara tertentu yang salah justru bisa membuat penyakit menempel dan tak mau hilang.

Dilansir dari doktersehat.com, berikut  4 kesalahan saat mencuci tangan yang dianggap sepele dan banyak orang belum tahu :

1. Mencuci Tangan Kurang lama

Sebuah penelitian yang dilakukan di Michigan State University menyebutkan, 95 persen orang mencuci tangannya kurang lama, yakni hanya sekitar 6 detik! Durasi mencuci tangan ini kurang efektif untuk membunuh kuman.

Ada baiknya kita mengikuti saran dari Centers for Disease Control and Prevention yang menyarankan agar mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik.

2. Tidak mencuci hingga ke sela-sela jariSeringkali kita hanya mencuci telapak tangan dan melupakan bagian sela-sela jari. Padahal, kuman juga bisa ditemukan di sela-sela jari bahkan kuku. Karena itu, pastikan untuk mencuci tangan hingga ke area-area tersebut agar tangan benar-benar bersih dan bebas dari kuman.

3. Malas mengeringkan tangan

Kita juga sering membiarkan tangan tetap basah setelah mencuci tangan, tidak segera mengeringkannya. Hal ini justru membuat kuman yang tersisa tetap bertahan di tangan yang masih dalam kondisi lembab.

4. Hanya mencuci tangan setelah keluar dari toilet

Berbagai benda yang kita sentuh atau pegang sepanjang hari seperti gagang pintu, ponsel, kendaraan, dan barang-barang lainnya juga tak luput dari kuman penyebab penyakit. Jadi bukan hanya toilet yang menjadi sarang kuman. Karena itu, pastikan untuk juga selalu mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda tersebut.

Di sisi lain, banyak orang menduga jenis air dengan suhu tertentu bisa mempengaruhi efektifitas mencuci tangan. Padahal lebih penting adalah bagaimana cara mencuci tangan yang benar dan bersih.

Well, meski sederhana, jangan terburu-buru saat membersihkannya ya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar